Pembangunan Masjid Raya Payakumbuh akan segera Direalisasikan

×

Pembangunan Masjid Raya Payakumbuh akan segera Direalisasikan

Bagikan berita
Pembangunan Masjid Raya Payakumbuh akan segera Direalisasikan
Pembangunan Masjid Raya Payakumbuh akan segera Direalisasikan


Payakumbuh, Kupasonline Pembangunan Masjid Raya Payakumbuh akan segera direalisasikan. Saat ini Pemko Payakumbuh tengah mengebut pembebasan lahan yang cukup banyak untuk lokasi masjid itu.

Lahan yang akan dibebaskan itu adalah seluas 4,8 hektar dan ini cukup besar di Payakumbuh. Keberadaan Mesjid Raya ini nantinya diharapkan bisa menjadi tempat persinggahan orang-orang yang lewat, karena berada di pinggir jalan besar.

Sebelumnya, telah beredar foto desain Mesjid Raya Payakumbuh itu di media sosial. Penampakannya cukup mengundang decak kagum siapa saja melihat kemegahan mesjid yang bakal menjadi kebanggaan warga Luak Limopuluah dan Payakumbuh khususnya.

Menyikapi hal itu, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, kepada topsatu, Kamis (2/7), mengatakan, bahwa gambar yang beredar itu benar adanya. Menurutnya, keberadaan Mesjid Raya ini diharapkan bisa menjadi tempat persinggahan bagi orang-orang yang lewat karena berada di pinggir jalan besar.

Kita nanti akan buat koridor dari Mesjid Raya ke Ngalau dengan memakai terowongan di bawah tanah. Sehingga kalau ada yang datang bus-bus besar maupun orang-orang yang ingin parkir, silahkan di Ngalau dan jalan kaki ke mesjid. Kemudian untuk koridornya, kita pasang kanopi. Sehingga saat hujan nanti masih bisa dilewati dengan baik, karena di kota kita sering hujan, ujarnya terkait disain masjid itu.

Dikatakannya, awalnya Pemko mencoba untuk rencana membangunnya di Kawasan Padang Kaduduak, namun ditolak oleh warga dan anggota DPRD. Karena lokasinya tidak di pinggir jalan besar. Akhirnya dicarilah tempat baru dan Pemko Payakumbuh mendapatkan lokasinya di Sawah Kariang, di Kelurahan Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat.

Kita berharap tanah bisa dibebaskan dan ini akan menjadi amal saleh bagi pemilik tanah, selama orang shalat di sana, maka pahalanya akan mengalir terus, katanya.

Selain itu, disebutkannya, saat ini masih ada hal yang mengganjal dalam dirinya. Yaitu tugasnya selaku walikota yang belum terealisasi, adalah ingin membuatkan mesjid raya bagi masyarakat Payakumbuh. Meski konsep dan disainnya sudah ada, tapi belum berdiri sampai saat ini.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini