Dosen STIKes MERCUBAKTIJAYA Bantu Pelaku Usaha Kembangkan Produk Unggulan Daerah

×

Dosen STIKes MERCUBAKTIJAYA Bantu Pelaku Usaha Kembangkan Produk Unggulan Daerah

Bagikan berita
Dosen STIKes MERCUBAKTIJAYA Bantu Pelaku Usaha Kembangkan Produk Unggulan Daerah
Dosen STIKes MERCUBAKTIJAYA Bantu Pelaku Usaha Kembangkan Produk Unggulan Daerah

Penyerahan peralatan penunjang Promosi dan Pemasaran Pelaku usaha dihadiri Kepala UPTD Promosi Kota Payakumbuh

Padang, Kupasonline--Mempunyai pemikiran untuk mengembangkan promosi dan pemasaran serta pengelolaan pelaku usaha  Sulaman dan Bordir, dosen STIKes  MERCUBAKTIJAYA Padang yang diketua oleh Mitayani, SST.M.Biomed berinisiatif memanfaatkan Tekhnologi Informasi sebagai ajang pemasaran dan promosi bagi pelaku usaha sulaman dan bordir, guna meningkatknya market size dan market value usaha. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan sebagai wujud tugas pokok dosen dalam mengaplikasikan Tri Darma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian Masyarakat.

Mitayani mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan tahun ke-2 program pelaksanaan Kemendikbud dalam SKIM pengabdian PPUD, yang dibuka oleh Kepala UPTD Promosi UMKM Kota Payakumbuh Ibu Elvirahmiwati,SE. Mitayani juga mengatakan, kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan  Republik Indonesia.

Edukasi di berikan terkait promosi dan pemasaran  dengan dibuatkan website pelaku usaha agar lebih mudah diakses oleh konsumen. Selain itu, juga diberikan materi bagaimana cara mengelola administrasi website tersebut, pengelolaan manajemen usaha dalam bentuk pelaporan pemasukan dan pengeluaran usaha.

Mitayani bersama anggota tim pengabdian, Ns.Febriyanti, S.Kep.M.Kep dan Lilik Suhery, M.Kom  mengatakan,dengan memanfaatan Teknologi Informasi sebagai Media Promosi pelaku usaha sulaman dan bordir di Koto Baru kelurahan Payobasung Kota Payakumbuh  mudah mudahan dapat meningkatkan value dan marketing pelaku usaha, dengan dimulai dari media promosi yang memaksimalkan internet sebagai media.

Saat dihubungi,Mitayani mengatakan pentingnya promosi secara modern,sebab marketing pemasaran dan ajang promosi pelaku usaha  selama ini hanya melalui lisan dari mulut ke mulut, dititip ditoko toko atau pusat oleh oleh sehingga jangkauan promosi dan pemasaran sangat terbatas.

Melalui program pengabdian pada masyarakat, Mita dan timnya melakukan  upaya dalam bentuk program pelaksanaan pengabdian multi years untuk jangka waktu 3 tahun, tahap pertama sudah dilaksanakan pada tahun 2019 dan tahap kedua dilaksanakan pada tahun 2020, Mudah mudahan akan berlanjut untuk tahun ke -3 di tahun 2021.

Mengakhiri percakapan, Tim pengabdi juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak terkait dengan terselenggaranya kegiatan ini dari awal persiapan hingga akhir pelaksanaan kegiatan Pengabdian masyarakat . Kepada Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan,Ketua STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang, Universitas Muhammadyah Sumatera Barat, Sekolah Tinggi Tekhnologi Industri Payakumbuh, Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh serta kerjasama Mitra LKP Limos yang sangat antuasias  mengikuti kegiatan pengabdian dari awal hingga kegiatan berakhir. (rel/ekj)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini