Unsur TungkuTigo Sajarangan Miliki Peran Strategis Dalam Mengsukseskan Pilkada

×

Unsur TungkuTigo Sajarangan Miliki Peran Strategis Dalam Mengsukseskan Pilkada

Bagikan berita
Unsur TungkuTigo Sajarangan Miliki Peran Strategis Dalam Mengsukseskan Pilkada
Unsur TungkuTigo Sajarangan Miliki Peran Strategis Dalam Mengsukseskan Pilkada

Pjs. Bupati Solsel Jasman Rizal ketika membuka kegiatan sosialisasi


Padang Aro, kupasonline--Pjs. Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal, menghimbau elemen masyarakat dari unsur " tungku tigo sajarangan" di Solok Selatan untuk ikut berpartisipasi mensukseskan pemilihan kepala daerah serentak tahun ini. 

Dikatakan Jasman, unsur tersebut di Minangkabau mempunyai peran besar untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam perhelatan lima tahunan ini, yakni ninik mamak, alim ulama, dan cadiak pandai

Ia mengatakan, demokrasi itu rahmat bukan laknat, kalau anak kemenakan di solok selatan bertikai satu sama lain, berarti demokrasi itu menjadi laknat. Untuk itu ia juga meminta bantuan pemangku adat di solok selatan untuk ikut serta mendinginkan suasana politik di solok selatan. 

Mari kita ciptakan demokrasi yang rahmat dengan kita lakukan sosialisasi dengan sebaik-baiknya. Tidak perlu saling menjelekkan. tutur Jasman disela-sela membuka acara sosialisasi peningkatan partisipasi jumlah pemilih pada pilkada serentak tahun 2020 di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati, Rabu (7/10), yang diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpol.

Ia mengungkapkan, saat ini situasi politik di Solok Selatan sudah mulai memanas, terlebih lagi di media sosial, masyarakat sudah mulai saling hujat, untuk mendinginkan kondisi tersebut, dikatakannya peran tungku tigo sajarangan dan tali tigo sapilin di solok selatan mempunyai peran besar. 

Masa depan Kabupaten Solok Selatan terletak di tangan warga Solok Selatan sendiri, caranya bagaimana bersamasama ke TPS menggunakan hak suara kita, menjaga terciptanya pemilu yang damai dan kondusif di solok selatan, tambahnya. 

Ia kembali menegaskan, bahwa ASN, wali nagari dan aparatur nagari tidak boleh ikut berpolitik, kalau ada terindikasi dan terbukti, ia akan menindak sesuai dengan aturan berlaku. 

Hari ini lagi proses satu orang ASN, ungkapnya. 

Sosialisasi tersebut mendatangkan narasumber, Ketua KPU, Nila Puspita, Dosen Unand, Syamsurizaldi, dihadiri Plh. Sekda Fidel Efendi, serta Plt. Kepala Kesbangpol Suwirman. Dan diikuti oleh tokoh agama, tokoh adat, LKAAM, karang taruna, bundo kanduang se-Solok Selatan. apr

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini