Rizal MS: Kami Tetap Berkarya Untuk Kampung Halaman

×

Rizal MS: Kami Tetap Berkarya Untuk Kampung Halaman

Bagikan berita
Rizal MS: Kami Tetap Berkarya Untuk Kampung Halaman
Rizal MS: Kami Tetap Berkarya Untuk Kampung Halaman


"Saya merasa berdosa jika ilmu yang didapat selama ini tidak diterapkan kepada anak-anak di kampung ini. Apalagi seni ini bagus untuk melatih kerja otak kiri dan kanan mereka," ujar peraih penghargaan lomba lukis Internasional oleh United Nations Population Fund (UNFPA) di Jakarta dalam rangka Hari Kependudukan Dunia tahun 2000.


Menurutnya, berbuat untuk kampung halaman tidak saja dengan uang sebagai tolok ukur, namun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan, dengan seni dan budaya bisa mempertahankan tradisi untuk membangkitkan rasa saling menghargai dan mencintai antar sesama. Sanggar Seni Rupa Anak Nagari, kata dia, memberi ruang untuk berkreasi, berimajinasi, serta saling berbagi ilmu pengetahuan di bidang seni dan budaya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai estetika.


Selama berpuluhan tahun di Jakarta, Rizal MS merupakan seorang seniman ternama di Mall Kalibata City Square (Jakarta Selatan). Banyak wajah tokoh dan model yang sudah ia torehkan pada sebuah kanvas, al hasil pundi-pundi rupiah pun terus mengalir dalam kantongnya. Bagi dia, melukis yang paling utama adalah berpikir secara kreatif. Sebab, karya-karya seni yang dihasilkan pada setiap pameran bakal menarik minat pengunjung untuk melihat dan mengoleksinya.


Apalagi, Seni Rupa merupakan salah satu cabang ilmu kesenian dalam membentuk suatu karya dengan menggunakan media-media yang bisa ditangkap secara kasat mata. Tak hanya itu, penerapannya juga bisa dirasakan atau disentuh dengan indera peraba. Seseorang yang membuat atau menciptakan karya seni, pasti menumpahkan ekspresi, keindahan, cinta, dan berbagai macam hal pada suatu media yang kemudian bisa dilihat secara langsung atau disentuh.


Seiring perkembangan zaman, kata Rizal, banyak ilmu atau pengetahuan yang didapat pada bidang seni, khususnya Seni Rupa. Namun, sayangnya tidak semua orang paham akan hal itu. Padahal, seorang pelukis tentu saja mengeluarkan imajinasi dan ekspresinya diatas sebuah kanvas yang kemudian menjadi sebuah karya seni lukisan yang sangat bermakna. Tak hanya itu, untuk menambah keindahan pelukis juga menorehkan berbagai macam corak warna yang semakin menambah nilai jual lukisan itu. Bahkan, sejumlah lukisan yang saking indah dapat membuat orang-orang yang melihatnya terpukau dan terhanyut dalam keindahan karya seni tersebut.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini