Perumda Air Minum Kota Padang Raih Tiga Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional

×

Perumda Air Minum Kota Padang Raih Tiga Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional

Bagikan berita
Perumda Air Minum Kota Padang Raih Tiga Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional
Perumda Air Minum Kota Padang Raih Tiga Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional

Dikatakan Hendra, acara ini  diusung oleh Majalah IT Works dengan portal berita itworks.id ini. Seiring dengan Pandemi Covid19 yang masih melanda dunia, termasuk di Tanah Air, dan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal), maka dituntut bagi pelaku bisnis, instansi pemerintah dan lainnya untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan TI atau Solusi Digital, untuk mendukung daya saing bisnis, meningkatkan layanan publik dan pembangunan perekonomian nasional ke depannya.

Dalam hal inilah, Perumda Air Minum Kota Padang ikut dalam proses penjurian karena saat ini Perumda Air Minum Kota Padang telah ikut bertransformasi digital dalam memberikan berbagai bentuk pelayanan kepada pelanggan setianya.

 Transformasi Digital di Perumda AM Kota Padang telah diterapkan yang dimulai dari Strategi Bisnis, Operasional dan Target Perusahaan yang semuanya telah berbasis teknologi yang juga mempermudah pekerjaan dan memanjakan pelanggan dalam masa pandemi seperti sekarang. Akselerasi Teknologi saat ini sangat membantu perkembang Perumda AM Kota Padang, dimulai dari sistem pembayaran, operasional, pencapaian target perusahaan dan lainnya.

Adapun beberapa teknologi digital yang telah dikembangkan oleh Perumda Air Minum Kota Padang, diantaranya adalah Aplikasi MBR, Aplikasi DDOP, Aplikasi STK (Surat Tugas Kerja) Online, Dashboard HMI IPA ZAMP, CIS (Costumer Information System), Smart Grid Water System.

Untuk aplukasi MBR,  telah diimplementasikan sejak tahun 2015 silam, yang dikembangkan sendiri oleh tenaga internal Perumda AM Kota Padang. Aplikasi ini bertujuan untuk mempercepat proses pelaksanaan Program Hibah Pemerintah untuk MBR, yang dimulai dari pemdataan calon penerima hibah, seleksi, sampai proses pemasangannya. Manfaat yang didapat dengan adanya aplikasi ini adalah pekerjaan jauh jadi lebih cepat, yang sebelumnya semua administrasi dikerjakan secara manual.

 

Dirut Perumda saat menerima penghargaan

Kemudian aplikasi DDOP diimplementasikan pada tahun 2017 yang juga dikembangkan oleh tenaga internal Perumda AM Kota Padang. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile berbasis android dengan tujuan mempermudah pekerjaan petugas dilapangan. Jika terjadi kendala dilapangan, pelanggan tidak perlu datang ke kantor, cukup menyelesaikannya dilapangan bersama petugas yang dilengkapi dengan alat DDOP tersebut, dan langsung terintegrasi ke sistem melalui online sehingga aktifitas pelanggan tidak terganggu karena semua permasalahan yang ditemui dilapangan telah terselesaikan dan petugaspun tidak kerepotan, karena laporan hasil kinerjanya yang telah tersambung langsung disistem secara online.

 Untuk  Aplikasi STK (Surat Tugas Kerja) Online telah diimplementasikan pada tahun 2019, dan dikembangkan oleh tenaga internal juga. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile dan web yang berguna untuk pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Dengan aplikasi ini dapat diketahui apakah pekerjaan telah dilaksanakan  atau belum. Dan bagi petugas, dapat merealisasikannya secara sistem tanpa harus duduk dikantor.

 Untuk aplikasi Dashboard HMI IPA ZAMP

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini