Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

×

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Bagikan berita
Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh
Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh, Kupasonline Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.


PAUD Negeri Percontohan yang beralamat di Jalan Pacuan Kelurahan Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur itu telah selesai dibangun pada akhir tahun 2019 lalu dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar 1,13 miliar rupiah, namun karena pandemi Covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020, peresmiannya sempat tertunda, dan akhirnya dapat diresmikan oleh Wali Kota Riza Falepi bersama Bunda PAUD Kota Payakumbuh Henny Yusnita pada 17 Maret 2021 lalu.


Dalam peresmian saat itu, Wali Kota Riza Falepi mengatakan usia dini merupakan masa emas perkembangan anak, untuk mengembangkan potensinya anak membutuhkan asupan gizi seimbang, perlindungan kesehatan, serta rangsangan pendidikan yang dilakukan sejak lahir. 


Oleh karena itu Pemerintah Kota Payakumbuh terus berupaya untuk dapat melayani anak usia 0-6 tahun dalam hal layanan PAUD. Untuk mewujudkan pendidikan berkarakter perlu didirikan PAUD percontohan yang mengangkat dan memprogramkan karakteristik adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah serta mengangkat kearifan lokal sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud dimasa yang akan datang. 


"Selama ini perhatian pemerintah sudah cukup besar terhadap keberlangsungan PAUD di Kota Payakumbuh seperti bantuan operasional, alat permainan edukatif, dan peningkatan kompetensi serta kesejahteraan guru PAUD. Dampak dari bantuan tersebut menghasilkan sejumlah prestasi yang dicapai guru dan peserta didik baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional," terang Riza didampingi Kepala Dinas Pendidikan Agustion bersama Sekdis Azwardi serta Kabid PAUD dan PNFI Syafni Hasni.


Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini