Karena Tidak Stres, 170 ODGJ Sembuh dari Covid-19

×

Karena Tidak Stres, 170 ODGJ Sembuh dari Covid-19

Bagikan berita
Karena Tidak Stres, 170 ODGJ Sembuh dari Covid-19
Karena Tidak Stres, 170 ODGJ Sembuh dari Covid-19


Makassar, Kupasonline-
ODGJ Sulsel dinyatakan sembuh setelah terkonfirmasi Covid-19. Mereka dinyatakan sehat sejak satu bulan lalu.

Direktur RSKD Sulsel Dr Arman Bausat mengatakan ratusan pasien ODGJ yang positif Covid-19 sembuh karena tidak terkena penyakitnya.

170 pasien ODGJ sudah sembuh total, karena tidak melihat penyakitnya. Tidak mengganggu jiwa sehingga tidak pusing, karena stres sangat mempengaruhi mereka, jelas Arman.

Salah satu faktor yang menghambat kesembuhan pasien normal Covid, kata Arman, disebabkan oleh stres. Sedangkan pasien ODGJ tidak mengalami stres, sehingga mempercepat penyembuhannya.

"Sekarang tidak ada ODGJ dengan Covid," katanya.

Tidak hanya merawat pasien ODGJ, RSKD Dadi juga merawat pasien Covid-19 yang merupakan rumah sakit rujukan di Sulawesi Selatan. Sejak awal pandemi, rumah sakit telah merawat ratusan pasien.

Arman mengatakan, saat ini masih ada enam pasien Covid-19 yang dirawat. adalah pasien umum yang menjalani perawatan medis di gedung khusus, sedangkan pasien ODGJ dirawat secara terpisah.

"Kemarin hanya enam pasien tapi ini bukan gangguan jiwa. Mereka masih dirawat," katanya.

Di belakang, pada akhir tahun 2020 sekitar puluhan pasien ODGJ yang tercatat positif Covid-19 di RSKB. Penyebarannya ketika salah satu pasien ODGJ yang berkunjung ke RS Dadi diduga membawa virus corona hingga menginfeksi pasien ODGJ lainnya.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini