Satu Tahun Kepemimpinan H. Khairunas dan H. Yulian Efi

×

Satu Tahun Kepemimpinan H. Khairunas dan H. Yulian Efi

Bagikan berita
Satu Tahun Kepemimpinan H. Khairunas dan H. Yulian Efi
Satu Tahun Kepemimpinan H. Khairunas dan H. Yulian Efi

Solok Selatan merupakan daerah yang subur, sehingga membuat sektor pertanian dan peternakan menjadi sektor yang dominan serta memegang peran penting dalam perekonomian Kabupaten Solok Selatan. Sebagai daerah agraris, pengembangan sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Solok Selatan memiliki arti yang sangat strategis dan menjadi salah satu fokus pemerintah daerah melalui misi kedua yaitu Peningkatan Ekonomi Kerakyatan dan Daya Saing Daerah.

Selama tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah meluncurkan program Suka Sapi dengan total sebanyak 777 ekor sapi telah didistribusikan ke seluruh kecamatan yang ada di Solok Selatan melalui kelompok tani. Selain itu, Bupati Solok Selatan juga telah menyetujui penganggaran Pengembangan Kawasan Golden Arm sebagai Kawasan Peternakan Sapi yang diiringi juga dengan Pendirian SMK Peternakan Solok Selatan. Melalui realisasi Program Suka Sapi ini, akan tercipta ekosistem ekonomi baru yang multisektor seperti petani rumput, Rumah Potong Hewan, produksi pupuk kompos dan produk turunan sektor peternakan lainnya di Solok Selatan.

Saat ini,sektor pertanian yang terdiri atas pertanian tanaman pangan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan perkebunan berkontribusi lebih dari 28% pada pendapatan daerah Solok Selatan. Selama tahun 2021, H. Khairunas dan H. Yulian Efi berhasil meningkatkan laju pertumbuhan pada sektor ini dengan sangat drastis dari tahun 2020 sebesar 0,25 % menjadi 3,40% pada tahun 2021. 

BPS Solok Selatan mencatat, selama tahun 2021 pula, Solok Selatan mengalami peningkatan laju pertumbuhan ekonomi dari 1,24 % pada tahun 2020, menjadi 3,35 % di tahun 2021 yang mana sektor pertanian dan peternakan merupakan sektor yang berkontribusi paling tinggi pada pertumbuhan ekonomi tersebut. 

Kerja keras dan konsistensi dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan selama satu tahun di bawah kepemimpinan H. Khairunas dan H. Yulian Efi membuktikan bahwa Solok Selatan mampu bangkit dan tumbuh. Selama setahun kepemimpinannya itu pula, H. Khairunas dan H. Yulian Efi dapat membawa Solok Selatan melakukan lompatan-lompatan kemajuan demi kesejahteraan Solok Selatan. Sudah saatnya Solok Selatan melompat, mengejar ketertinggalan selama ini.Sudah saatnya pula Solok Selatan menjadi kabupaten yang maju dan sejahtera.Maju Bersama, Sejahtera untuk Semua. (Adv)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini