Pemkab Solsel Susun Masterplan Geopark Solok Selatan Untuk Menuju Geopark Nasional

×

Pemkab Solsel Susun Masterplan Geopark Solok Selatan Untuk Menuju Geopark Nasional

Bagikan berita
Pemkab Solsel Susun Masterplan Geopark Solok Selatan Untuk Menuju Geopark Nasional
Pemkab Solsel Susun Masterplan Geopark Solok Selatan Untuk Menuju Geopark Nasional


Padang aro, Kupasonline--- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melakukan penyusunan Masterplan Geopark Solok selatan untuk menuju Geopark Nasional. Kegiatan penyusunan tersebut bertempat digelar di Hotel Pesona Alam Sangir, Jumat (27/5), dibuka Bupati Solok Selatan, Khairunas.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Masterplan Geopark tersebut merupakan salah satu persyaratan menjadi geopark nasional. 

Salah satu keindahan kawasan geologi yang ada di Solok Selatan adalah Goa Batu Kapal (GBK), tepatnya berada di Kecamatan Sangir Balai Janggo, yang saat ini terdaftar sebagai geopark Provinsi Sumatera Barat yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tahun 2021 lalu.

Goa Batu Kapal (GBK) telah mendapatkan penghargaan dalam Anugrah Pesona Indonesia (API) Award Tahun 2021 yang meraih juara II dengan kategori sorga tersembunyi.

Bupati Khairunas yang membuka kegiatan tersebut menyebut kawasan GBK peluang bagi Solok Selatan untuk dijadikan kawasan Geowisata, Namun, setelah beberapa kali ditinjau ditemukan beberapa kendala yang mesti diperbaiki dan ditingkatkan, diantaranya akses jalan menuju lokasi yang masih belum memadai, pemeliharaan aset yang ada di lokasi, dan sistem pengelolaannya.

"Selain Kawasan Goa Batu Kapal, saat ini kami menfokuskan pengembangan destinasi objek wisata Hot Waterboom dan Kawasan Saribu Rumah Gadang",kata Bupati.

Melalui FGD Bupati berharap, bersama - sama kita pahami kondisi yang sebenarnya kawasan geopark dan memiliki semangat yang sama untuk mengembangkan kawasan Goa Batu Kapal, baik dari pemerintah daerah maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat yang di wakili Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, Drs. Doni Hendra, MM menyebut saat ini telah teridentifikasi beberapa kawasan potensi geopark yang tersebar pada beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat. 

Tiga kawasan geopark yang berstatus nasional, sementara itu ada empat kawasan yang menjadi Ispiring Geopark Nasional diantaranya, Geopark Talamau, Geopark Harau, Geopark Singkarak, dan termasuk juga Geopark Solok Selatan," jelasnya.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini