Kerjasama Pabrik Aqua Solok Dengan Pempov Sumbar, Tandatangani MoU Pengembangan Sekolah Asuah Adiwiyata

×

Kerjasama Pabrik Aqua Solok Dengan Pempov Sumbar, Tandatangani MoU Pengembangan Sekolah Asuah Adiwiyata

Bagikan berita
Kerjasama Pabrik Aqua Solok Dengan Pempov Sumbar, Tandatangani MoU Pengembangan Sekolah Asuah Adiwiyata
Kerjasama Pabrik Aqua Solok Dengan Pempov Sumbar, Tandatangani MoU Pengembangan Sekolah Asuah Adiwiyata

Padang, Kupasonline - Pabrik AQUA Solok menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dalam hal Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Asuah Adiwiyata Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

MoU tersebut, ditandatangani oleh Gubernur Sumatera Barat diwakili Wakil Gubernur Audy Joinaldy dan Kepala Pabrik AQUA Solok Endro Wibowo mewakili PT Tirta Investama (Danone-AQUA).

Penandatanganan MoU tersebut, dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni itu, dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat di Padang, Jum'at (17/6/2022). 

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, selain menguraikan sejarah panjang peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, juga menyampaikan bahwa kerjasama ini memacu sekolah-sekolah di Sumatera Barat lebih peduli dan membentuk lingkungan yang bersih dan sehat. 

" Yang tentu saja, memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh kita " ucap Wakil Gubernur Audy Joinaldy. 

Sementara itu, Kepala Pabrik Aqua Solok, Endro Wibowo mengatakan, kerjasama ini merupakan lanjutan dari kerjasama antara Danone-AQUA dengan Pusat Pengembangan Generasi Muda Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Tentang Pembinaan Generasi Muda Peduli Pengelolaan Sampah melalui Edukasi Program Samtaku (Sampahku Tanggung Jawabku). 

Kerjasama dalam pembinaan menuju Sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri kata Endro Wibowo , meliputi pembinaan karakter siswa dalam mewujudkan sekolah yang peduli lingkungan. 

" Pembangunan fisik sekolah yang terkait dengan perilaku ramah lingkungan dan inovasi sekolah, serta bimbingan teknis sosialisasi - kampanye terkait perilaku ramah lingkungan hidup, tidak hanya di lingkungan sekolah, melainkan juga untuk masyarakat sekitar sekolah, tuturnya. 

Endro juga menyebutkan bahwa, kerjasama antara Pabrik AQUA Solok dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam hal pembinaan dan pengembangan Sekolah Asuah Adiwiyata ini, akan berlangsung selama tiga tahun. 

" Bersama Pemprov Sumatera Barat, kami berupaya untuk membentuk sekolah peduli dan ramah lingkungan, yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Bagi kepentingan generasi sekarang, maupun yang akan datang " paparnya. 

Diharapkan kata Endro Wibowo, para pendidik, peserta didik, dan semua orang yang berada di lingkungan sekolah, jadi lebih bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik. 

Untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, mengedepankan nilai-nilai pendidikan dan pembangunan karakter peserta didik, agar mencintai lingkungan hidup, baik lingkungan dalam sekolah, di rumah, dan di masyarakat luas. 

" Hal ini, perlu terus dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan " pungkasnya.* (rjy). 

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini