Banjir Bandang Terjang Garut Sudah Surut

×

Banjir Bandang Terjang Garut Sudah Surut

Bagikan berita
Banjir Bandang Terjang Garut Sudah Surut
Banjir Bandang Terjang Garut Sudah Surut

KUPASONLINE.COM Banjir bandang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut, Sabtu (16/7/2022).Banjir bandang itu mengakibatkan kerusakan di sejumlah wilayah.

Banjir bandang atau air bah adalah banjir besar yang datang secara tiba-tiba dengan meluap, menggenangi, dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar seperti kayu dan sebagainya.Sebuah rekaman video berasal dari seorang warga yang berada di daerah Kampung Babakan Sabri dan Dayeuhandap, memperlihatkan banjir menerjang hingga ketinggian air mencapai sekitar satu meter.

Air dengan deras mengalir ke permukiman warga.Akibat banjir bandang ini, air merendam ratusan permukiman warga hingga meluas ke jalan raya.

Tak hanya di Garut, kota dan kabupaten di Jawa Barat lainnya juga diguyur hujan walau dengan intensitas yang berbeda-beda.Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyampaikan bencana banjir telah merendam pemukiman warga seperti di daerah Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul, kemudian kawasan pemukiman di Ciwalen, dan Cimaragas, Kecamatan Garut Kota.

Kantor SAR Bandung, Sabtu (16/7/2022) malam, telah menarik personel yang dikerahkan dalam pencarian dan pertolongan korban banjir bandang di Kabupaten Garut.Penarikan ini dilakukan karena situasi di lokasi kejadian banjir dinilai kondusif.

Dia mengatakan, menurut data yang terhimpun, ada 14 kecamatan di Garut yang terkena banjir.Namun, dua kecamatan, yakni Kecamatan Garut Kota dan Kecamatan Tarogong Kidul, adalah yang terparah.

"Garut sudah kondusif, air sudah surut semua. Sudah normal," katanya.Jumaril mengatakan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir itu.

Dua wilayah ini terlintasi Sungai Cimanuk yang meluap dan menjadi muasal banjir.Di banyak lokasi banjir, sudah tak ada korban yang perlu dievakuasi.

Warga ada yang secara mandiri mengevakuasi diri mereka dan keluarga sebelum banjir benar-benar membesar."Yang dievakuasi sama kami tidak banyak. Pada dasarnya sudah ada upaya warga untuk evakuasi mandiri," katanya.

Warga garut diminta untuk waspada.Kewaspadaan bisa dimulai dengan selalu memperhatikan prakiraan cuaca.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini